Sabtu, 13 Juli 2013

Storey of Story #2

here
Konon orang bilang jika langit biru merona pertanda hari yang cerah. Benarkah? Apakah benar juga, premis bahwa mendung lekat dengan kelam dan buram, tak ada harapan. Dengan kata lain mendung memiliki aura negatif?

Apapun itu, benak kecil Dinda tak pernah menyuarakan persepsi itu. Kapasitas otaknya masih jauh untuk bisa menjangkau permasalahan 'serumit' layaknya langit biru dan ceria. Baginya, langit biru atau pun mendung toh sama saja. Tak ada bedanya. Saat langit biru, ia bisa bebas bermain-main ke kali, sekedar berkecipak bersama riak-riak air dari kaki Merapi. Atau menangkapi ikan-ikan alam yang gesit melesat begitu tangannya mendekat. Ketika ia telah puas, lalu ia akan menceritakan padaku, mengenalkan hasil tangkapannya hari itu, beberapa macam ikan kecil sampai dengan bayi-bayinya; udang; hingga kepiting. Dan aku baru tahu bila kali kecil itu menyimpan banyak misteri.

Begitu pula saat mendung, besar harapannya agar gerimis kecil segera menetes, membelai lembut kedua pipi mungilnya. Lalu ia akan berdendang riang di bawah shower raksasa, berlarian tanpa alas kaki di atas tanah halaman rumah. Baginya, hujan-hujanan adalah salah satu cara mengekspresikan kegembiraan. Meski ayah bundanya terkadang khawatir ia akan sakit bila terlalu lama terpapar hujan. Toh ia tetap bandel dan tersenyum hingga badannya akan menggigil kedinginan.

Melihatnya senantiasa riang, seakan terasa bahwa semesta begitu indah. Indah dalam sekejap. Lalu lupa saat mengingat jatuh bangun perjalanan di usia yang tak lagi muda. Aku, pun engkau, rasanya pun pernah mengalami suatu masa panjang seperti yang pernah Dinda alami. Ketika beban hidup tak terasa di pundak. Tapi aku tahu apa yang harus aku tahu dari sosok Dinda, mesti memikirkan hal yang baik-baik. Bahasa kerennya orang mancanegara katanya adalah: positive thinking. Meski memang memikirkan hal yang baik-baik tak selalu baik.

Partitur hidup. Aku jadi teringat seorang kawan yang pernah mengangkat tema partitur sebagai judul tugas akhirnya. Bentuk tertulis pada komposisi musik, not-not di atas garis-garis paranada, itulah partitur yang sebenarnya. Music is my life, sudah jamak orang mengamini pernyataan itu. Bagiku, ya musik adalah hidupku. Musik adalah jalinan nada yang naik turun sesuai keinginan Sang Pencipta. Komposisinya tentu akan menghasilkan ritme yang memesona. Aku percaya itu. Dan Dinda adalah salah satu not di lagu itu.

Stay rock on!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar