Senin, 01 Agustus 2011

Masjid Al Irsyad Parahyangan Bandung

Saya pernah diperkenalkan oleh dosen perancangan di kampus tentang gubahan massa masjid ini, sebelum akhirnya saya berkesempatan melihat liputannya di program 1001 Masjid di salah satu televisi swasta. Saat di kampus titik beratnya adalah mindset "think out the box". Bahwa bangunan masjid tidaklah senantiasa berkubah atau berhias minaret-minaret.
picture taken from here
Masjid Al Irsyad dirancang oleh arsitek lulusan ITB, Ridwan Kamil. Beliau adalah salah satu arsitek berprestasi di Indonesia. Karyanya yang lain adalah Bottle House yang tak lain merupakan rumah tinggalnya sendiri. Dan alhamdulillah saya telah berkesempatan menelusuri ruang-ruang di dalamnya. :) Amazing!
Begitu juga dengan desain Masjid Al Irsyad di Parahyangan ini. Mempesona dan inspiratif! Masjid ini berbentuk kubus tanpa kubah ataupun minaret seperti lazimnya masjid di dunia. Sepintas massanya berlanggam modern dengan warna-warna high-tech putih dan abu-abu. Pada dinding luar, ventilasi rooster disusun dengan pola kaligrafi kalimat syahadat, kalimat yang menasbihkan keislaman seseorang. Pola tersebut meminimalkan kemotonanan pola ventilasi serta berperan penting pada penghawaan dan pencahayaan alami di dalam masjid.
picture taken from here
Pada area dinding mihrab dibuat terbuka di atas kolam sehingga area mihrab seperti dermaga yang mengapung. Air dengan gemulai tarian ikan memiliki efek psikologis menenangkan dan mendamaikan. Selain itu, adanya air di kolam ini berfungsi mendinginkan aliran udara yang menuju dalam masjid. Keterbukaan mihrab menyimbolkan kekuasaan Allah yang terbentang di alam semesta ini. Hal tersebut diperkuat dengan view pegunungan yang diekspos secara maksimal.

Interior masjid pun tergolong sederhana karena relatif hanya berbentuk persegi sesuai bentuk massa. Namun pesona pada lampu-lampu yang berjumalah 99 ini tidak dapat begitu saja diabaikan. Pada lampu-lampu tersebut terdapat kaligrafi asmaul husna, yang menyiratkan pesan agar para jama'ah akan senantiasa mengingat Allah, penaung alam semesta, cahaya kehidupan.
Lansekap Masjid Al Irsyad juga memiliki simbol dengan adanya jalan setapak yang mengelilingi masjid. Hal tersebut menyiratkan aktivitas thawaf seperti di Ka'bah, Masjidil Haram, Makkah.
picture taken from here
Prestasi masjid ini pun cukup mencengangkan. Karya ini masuk ke dalam lima besar "Building of The Year" 2010 berdasarkan situs ArchDaily. Al Irsyad adalah satu-satunya bangunan peribadahan dari Asia, satu-satunya masjid di antara bangunan berkategori religius lainnya.
Oke, mari kita berpikir di luar kotak. Sesuatu yang tidak lazim itu terkadang adalah sesuatu yang istimewa. :D

2 komentar:

  1. informasi yg menarik mba/bu rofida. mau informasi, bolehkah beberapa informasi yg ada di blog ini saya ambil utk dijadikan bahan tulisan yang diterbitkan di Republika. trima kasih. akbar

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan, semoga bermanfaat dan memacu konsistensi saya. :) #tolong cantumkan sumbernya juga ya.

      Hapus