Minggu, 25 April 2010

Boutique Pantai Mutiara [Sardjono Sani]

Desain Boutique Pantai Mutiara bertolak dari titik jenuh tehadap apartemen yang lantai-lantainya selalu tipikal. Oleh karena itu desain boutique ini layout ruangnya dibedakan pada tiap unitnya, tidak ada yang sama bahkan dengan blok di sebelahnya. Hal itu menyebabkan interlock dan tata massa menjadi menarik.
Boutique Pantai Mutiara terletak diantara tower apartemen 24 lantai dan rumah tinggal yang rata-rata terdiri dari 3 lantai. Di samping untuk pengembangan lahan, bangunan ini juga menjadi jembatan penghubung (mediator) antara tower dan rumah tinggal. Tantangannya adalah bagaimana menyatukan konsep keseluruhan dalam satu konsep tata massa dan juga bagaimana membuat skyline yang mengisi diantara kekontrasan bangunan.
Atap bangunan berupa lengkungan-lengkungan sebagai perwujudan replikasi gelombang, mengingat letak lahan yang berada dekat pantai. Material-material yang dipilih eksklusif dan tidak lazim. Komposisi tampaknya ada yang halus bergelombang dipadu dengan efek kasar gradasi dengan kaca-kaca yang lebar.
Struktur menggunakan tiang pancang dan konvensional menggunakan balok kolom dengan maksud lebih fleksibel ketika penghuni menginginkan perubahan layout ruang, sekaligus menyiasati tipologi lingkungan.
Menurut Sardjono Sani, desain itu bisa sangat kuat atau powerfull baik untuk perencana maupun untuk kalangan umum sebagai pihak yang akan menghuni, melewati, menikmati atau sekedar melihat.
Secara keseluruhan, karya Sarjono Sani ini memberontak konsep apartemen biasanya dan menawarkan dinamika bentuk apartemen yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar